Home » » Phising Klikbca

Phising Klikbca

Sebelum kita membahas tentang kasus Phising yang terjadi pada Klikbca.com,akan lebih baik jika kita mengetahui apa pengertian dari kata "Phising" itu sendiri.
pengertian dari Phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan berbagai informasi rahasia,seperti kata sandi dan kartu kredit dengan cara menyamar sebagai orang atau suatu instansi yang terpecaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi,seperti surat elektronik atau pesan instan (e-mail). Istilah phising dalam bahasi inggris berasal dari kata fishing yang artinya memancing,dalam hal ini kata fishing itu sendiri mengandung arti yaitu memancing informasi keuangan dan kata sandi orang lain atau pengguna.

Kembali ke pembahasan utama yaitu Phising pada Klikbca.com. Pada dasarnya kasus klikbca merupakan kasus domain name yang memanfaatkan kesalahan ketik yang mungkin dilakukan oleh nasabah ketika ingin mengakses website resmi klikbca.com.
Pada mulanya seorang bernama Steven haryanto membeli domain-domain yyang serupa dengan www.klikbca.com,dimana isi dari tiap situs tersebut sangat mirip dengan situs resmi dari Bank BCA.
Kunnci keberhasilan dari kasus klikbca ini adalah apabila terjadi salah pengetikan dalam mengunjungi situs resmi klikbca oleh para nasabah.
Beriku ini dari nama-nama domain yang sama persis dengan situs resmi www.klikbca.com antara lain wwwklikbca.com, clickbca.com, kilkbca.com, klickbca.com dan klikbac.com. Namun situs-situs tersebut sekarang sudah tidak aktif lagi.
Dari kelima situs tersebut anda dapat melihat situs yang sama persis dengan situs www.klikbca.com. Hanya saja pada saat melakukan login,maka anda tidak akan masuk ke fasilitas internet banking BCA namun anda akan mendapatkan sebuah pesan yang tertera "The page cannot be displayed". Fatal,dengan melakukan login di kelima situs tersebut,maka username dan PIN internet anda akan terkirim pada sang pemilik situs tersebut.

Namun sekarang kasus klikbca ini sudah terselesaikan,seorang pembuat dari kelima plesetan situ klikbca ini Steven haryanto yang bermukin di bandung tersebut telah berakhir bahwakan telah mengajukan permintaan maaf kepada pihak Bang BCA dan sejumlah media massa. Dan Steven juga telah menyerahkan kelima alamat situs plesetan tersebut serta daftar user yang sempat terjaring di situs-situs plesetannya itu ke manajemen Bank Central Asia ( BCA ).
Steven menolak dikatakan jika kelima situs plesetan itu palsu, karena kelima situs tersebut telah didaftarkan secara resmi kepada domain register. "Yang saya lakukan yaitu membeli beberrapa domain plesetan dengan uang saya  senndiri, dan menyalin halaman indeks dan halaman login klikbca.com ke server lain" ungkap Steven dalam surat itu.

Untuk mencegah anda menjadi korban dari phising ini tidak lah terlalu sulit,anda harus lebih waspada, jangan gampang percaya, dan teliti.
Selalu cek alamat website, apakah penulisannya sudah benar atau sebuah situs plesetan.

Sumber :
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl4936/klikbca.com-typosquatting-atau-phishing
http://gembel-it.blogspot.com/2011/03/cyber-crime-phising.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar ada sangat kami hargai :)