Home » » Perbandingan 2 Website Online Jurnalis

Perbandingan 2 Website Online Jurnalis

Pada kasus ini kita akan membahas tentang Perbandingan 2 Website Online Jurnalis,kedua website online jurnalis yang dimaksudkan disini yaitu website online jurnalis detiknews.com dan kompas.com.
Contoh berita "Korban Mutilasi Diduga Waria" yang dimuat dalam kedua website online jurnalis tersebut,yaitu :
Pada website kompas.com,contohnya bisa dilihat DISINI !
Dan pada website detiknews.com,contohnya dapat dilihat DISINI !

Perbandingan Isu atau Penulisan Artikel
Pada kompas.com,penulisan artikel menggunakan kalimat yang baku dan berdasarkan EYD (ejaan yang disempurnakan). Namun pada detiknews.com,penulisan artikel menggunakan kalimat atau lebih menggunakan bahsa sehari-hari.
Contohnya :
Pada kompas.com,disebutkan "Ciri - ciri korban mutilasi adalah puting menonjol dan dada korban sejajar. Namun pada detiknews.com disebutkan "Ciri - ciri korban mutilasi putingnya menonjol tetapi payudaranya tidak mmenonjol". Dengan adanya perbedaan kalimat tersebut,terlihat jelas bahwa dalam penggunaan bahasanya sangat berbeda dan segmentasi target audiencenya pun berbeda.
Kompas.com memiliki target audience berdasarkan tingkat ekonomi dari menengah ke atas,sedangkan pada detiknews.com target audiencenya dari menengah kebawah.

Perbandingan Tampilan dan Warna
Pada tampilan website kompas.com,tampilan website kompas.com lebih formal,sederhana,tidak mengandung banyak warna dan susunan kolomnya juga sangat rapi. Sedangkan pada website detiknews.com,tampilan websitenya cenderung bersifat informal yaitu ditandai dengan tampilannya yang berwarna warni dan memiliki kolom yang kurang tersusun rapi dibandingkan dengan kompas.com.

Perbendingan Tampilan gambar atau Foto.
Pada website kompas.com,tampilan gambar tidak menunjukan unsur kekerasan, gambar yang ditampilkan juga tidak secara langsung menampilkan gambar tubuh korban mutilasi yang sesungguhnya nanum dianalogikan dengan sebuah boneka yang termutilasi,sehingga membuar target audience tidak segan untuk melihat berita terrsebut. Namun pada website detiknews.com,tampilan foto atau gambar sangat jelas menggambarkan bukti kejadian mutilasi yang sesungguhnya yaitu dengan menampilkan gambar bagian tubuh korban (kaki) yang sudah membusuk.

Sumber :  http://ubmonlinejournalism.blogspot.com/2010/03/perbandingan-2-website-online.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar ada sangat kami hargai :)