Home » » Definisi CRM (Customer Relationship Management )

Definisi CRM (Customer Relationship Management )

Definisi atau pengertian dari CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya, dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.
Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek..
Contoh pengimplementasi CRM pada website diantaranya :
  1. Memberikan pusat layanan (Call Center),ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi konsumen jika konsumen ada keluhan sehingga data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan produknya serta mengumpulkan customer history. 
  2. Database,ini bertujuan untuk menyimpan semua data-data konsumen sehingga perusahaan bisa mengetahui perbedaan dan karakterristik para konsumennya.Dengan informasi data tersebut,perusahaan bisa membuat produk dan jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumennya. 
Kesimpulan CRM
CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi pemasaran yang saat ini marak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan / konsumen mereka tetap membeli produk / memakai jasa mereka.
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.
Dan Pentingnya CRM :
· Karena tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar.
· Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru, bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.
· Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita
· Banyaknya konsumen yang menginginkan pelayanan purna jual.

Sekian pembahasan dari saya tentang Definis Customer Relationship Management.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar ada sangat kami hargai :)